Your trusted source of information.

Menghadapi Situasi Ekonomi Sulit

Situasi perekonomian Indonesia saat ini sedang menghadapi banyak tantangan. Tantangan tersebut tidak ringan, dan datang dari dalam, ataupun luar negeri. Keadaan ekonomi Indonesia bahkan digambarkan bias ke bawah, hal ini pun disinyalir masih merupakan dampak ekonomi global yang pertumbuhannya lambat dan belum merata.

Untuk tantangan dari dalam negeri sendiri, kita dihadapkan pada beberapa hal seperti defisit fiskal yang diperkirakan masih akan terus membesar, pertumbuhan ekonomi yang masih jauh dari harapan, kenaikan hutang luar negeri, pertumbuhan kredit yang rendah dan peningkatan jumlah kredit yang bermasalah.

Kondisi perekonomian yang tidak baik-baik saja ini bisa dilihat salah satunya dari semakin tinggi harga bahan pokok, tarif dasar listrik dan yang lainnya yang justru merupakan hajat hidup orang banyak. Pemerintah yang mengeluarkan kebijakan demikian berdalih bahwa keputusan itu diambil untuk mengatasi tantangan negara kita dalam hal cadangan devisa yang menipis, beban utang yang makin banyak, dan sumber pendapatan negara yang berkurang.

Untuk menghadapi situasi perekonomian Indonesia yang sulit ini, kita harus melakukan beberapa langkah di bawah ini agar semangat bekerja tetap prima di tengah kondisi perekonomian yang memburuk dan tentunya membuat kita khawatir akan banyak hal.

  1. Hindari pola hidup konsumtif

Mulai sekarang, kita harus mengubah pola hidup konsumtif yang kita miliki untuk menjadi lebih sederhana lagi. Gaya hidup sederhana bukan berarti pelit dalam segala hal, melainkan lebih memprioritaskan kebutuhan daripada hanya sekedar keinginan. Jangan mudah tergiur promo atau diskon diskon yang banyak ditawarkan jika memang barang tersebut tidak masuk ke daftar kebutuhan Anda.

  1. Produktivitas yang harus ditingkatkan

Nah berkebalikan dengan gaya konsumtif yang harus dihindari, produktivitas yang tinggi perlu Anda miliki saat menghadapi situasi yang sulit seperti ini. Dengan semakin tinggi produktivitas, tentu akan berdampak baik pada pendapatan, baik perseorangan maupun perusahaan.

  1. Kreatif dengan Waktu

Waktu adalah sarana menuntut ilmu. Carilah peluang dan tangkaplah ilmu sebanyak-banyaknya. Justru biasanya peluang muncul di saat – saat yang sulit. Selain itu, kreativitas pun akan semakin terasah justru ketika keadaan memang menyulitkan. Kreativitas dapat selalu menghasilkan pemikiran yang baru, meski bukan sebuah inovasi.

  1. Totalitas bekerja

Dalam menghadapi situasi yang sulit, maka cobalah untuk tetap bekerja dengan total. Tidak hanya yang biasa-biasa saja. Namun, jangan lupa, untuk bekerja dengan senang hati supaya kita tidak akan merasa terbebani, tetapi justru semakin terpacu untuk meningkatkan performance diri.

  1. Entrepreneurship

Nah, jiwa entrepreneur perlu terus dikembangkan karena dengan memiliki jiwa ini, seseorang biasanya tak mudah patah semangat dan tak kenal lelah serta tak mudah putus asa dalam menghadapi segala persoalan hidup. Dengan memiliki jiwa entrepreneur membuat seseorang akan senantiasa tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*